Belajar Bahasa Seperti Anak Kecil.

Tahukah kita semua bahwa saat baru dilahirkan ke dunia ini kita tidak bisa berbicara dan paham apa yg dibicarakan oleh orang lain di sekitar kita?

Nah… tapi dengan berjalannya waktu, kita perlahan bisa berbicara. Dengan diawali sepatah-dua patah kata dan mulai memahami apa yg diucapkan oleh orang tua kita.

Awalnya bisa ngomong … “papa, mama, kakek, nenek, kakak”. Lalu kosa katanya bertambah, jadi bisa mengucapkan apa yg disuka dan apa yang tidak disukai. Bisa menyatakan apa yg dialami dan merespon bila dipanggil namanya. Sejalan dengan perkembangan otaknya, saat itu mulai lancar berbicara . Kemudian belajar angka dan perhitungan sederhana.

Ketika sudah masuk sekolah mulai diajari menulis dan membaca. Berhitung yg lebih rumit dan menghapal.

Setelah saya amati dan pelajari, dari mulai 0 sampai bisa berbucara dan berhitung dasar saja, dibutuhkan waktu sekitar tiga tahun.

Atas dasar itu saya mau membuat sebuah eksperimen yang “kelinci percobaannya” adalah saya sendiri. Sudah beberapa minggu ini saya mencoba mempelajari bahasa Prancis. Dari belum tahu apa-apa sama sekali sampai sekitar tiga tahun jedepan, hasil apa yg akan dapat saya peroleh. Saya akan berusaha selangkah demi selangkah, seperti anak kecil belajar bahasa dan berbicara.

Lihat saja hasilnya nanti. Wallahualam ….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s